Rss Feed
  1. Makna Lagu Garuda Pancasila

    Minggu, 16 Juni 2013

    Lagu bisa menjadi penghibur dan penggugah semangat kita. Terutama lagu-lagu yang bertema perjuangan atau yang membangkitkan rasa patriotisme kebangsaan. Salah satu lagu perjuangan itu adalah Garuda Pancasila yang diciptakan oleh Bapak Sudharnoto.

    Sudharnoto dengan nama samaran Damayanti dilahirkan di Kendal, Jawa Tengah, 24 Oktober 1925. Beliau adalah seorang pencipta lagu dan ilustrator film. Garuda Pancasila digubahnya pada tahun 1956. Beliau juga pernah memenangkan Piala Citra FFI 1980 sebagai penata musik terbaik dalam film "Kabut Sutra Ungu". (sumber : indonesianfilmcenter.com)

    Mungkin banyak yang sudah lupa syair dari lagu ini so berikut warcof coba sajikan liriknya perbait dan apa makna dibalik lagu Garuda Pancasila ini (versi warcoff), sebagai berikut :

    Garuda pancasila
    Akulah pendukungmu
    "Garuda sebagai lambang negara dan Pancasila sebagai dasar negara harus senantiasa kita dukung dan junjung tinggi sebagai bukti kedaulatan bangsa yang merdeka."

    Patriot proklamasi
    Sedia berkorban untukmu
    "Patriot proklamasi bermakna pejuang kemerdekaan/pejuang bangsa yang akan selalu siap sedia berkorban untuk negeri."

    Pancasila dasar negara
    Rakyat adil makmur sentosa
    *Pancasila sebagai dasar negara jika diterapkan secara nyata maka keadilan, kemakmuran dan kedamaian sentosa akan dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

    Pribadi bangsaku
    Ayo maju maju
    Ayo maju maju
    Ayo maju maju
    "Kepribadian bangsa Indonesia adalah bangsa yang pantang menyerah, pantang berputus asa menghadapi semua cobaan yang datang. Bangsa yang penuh semangat untuk terus maju dan bersatu membangun tanah tumpah darah Indonesia".

    Sayangnya makna mulia dari lagu ini tidak lagi tertanam dibenak dan jiwa kita, terutama para pelaku korupsi dan para pemimpin bangsa saat ini. Dan lagu-lagu seperti ini seakan hanya diingat saat merayakan hari kemerdekaan atau disenandungkan saat upacara-upacara resmi kenegaraan :).

    Menurut warcoff, lagu seperti Garuda Pancasila dan yang sejenisnya diciptakan bukan sekedar untuk mengenang perjuangan para pahlawan tapi juga penciptaan ini adalah wujud ketulusan hati si pencipta yang dipersembahkan untuk bangsa dan negara, bukan hanya untuk mencari popularitas ataupun materi yang berlimpah. Semoga manfaat.


    Sumber            :
    http://waroengkemanx.blogspot.com/2012/05/makna-lagu-garuda-pancasila.html



  2. 2 komentar:

    1. Unknown mengatakan...

      sangat bermanfaat

    2. Nusantaraku mengatakan...

      Sangat Bermanfaat min

    Posting Komentar