Rss Feed
  1. Hari Musik Nasional

    Selasa, 07 Mei 2013

    Hai bloggers ada yang tau Hari Musik Nasional itu apa? Kapan Tepatnya? Dan Apa alasan di balik Hari Musik Nasional? 
    Bagi yang belum tau, kita akan kasih info lengkapnya nih.


    Hari Musik Nasional jatuh pada tanggal 9 Maret. Hari musik nasional ini digagas oleh PAPPRI (Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia) di tahun 2003, saat Mantan Presiden Megawati meluncurkan situs PAPPRI.


    Tanggal 9 Maret sendiri diambil dari tanggal kelahiran komponis besar, Wage Rudolf Supratman, sebagai bentuk apresiasi dan penghargaaan terhadap pencipta lagu Indonesia Raya, yang kini menjadi lagu kebangsaan negara Indonesia. lagu ini untuk kali pertama dimainkan pada peristiwa bersejarah, yaitu Konggres Pemuda Indonesia II, 28 Oktober 1928, yang melahirkan Sumpah Pemuda. Pada tahun 1924 Supratman menulis lagu Indonesia Raya atas anjuran dari H. Agus Salim, yang pertama kali ditulis di harian Fajar Asia agar komponis Indonesia membuat lagu kebangsaan. Sayangnya, WR.Supratman gak sempat menikmati dentuman proklamasi dan lagu Indonesia Raya, karena ia telah meninggal dunia di Surabaya, pada tanggal 17 Agustus 1938 :(


    Kita sebagai penerus bangsa harus terus mencintai dan melestarikan lagu- lagu nasional maupun daerah Indonesia, karena dalam lagu-lagu tersebut terdapat makna yang sangat besar sebagai identitas negara kita tercinta.


    #NaDaIndonesiaku

  2. 0 komentar:

    Posting Komentar