Rss Feed
  1. Makna Hari Musik Nasional

    Rabu, 08 Mei 2013


    S­ebelumnya sudah dibahas  nih mengenai seluk beluk mengenai Latar Belakang lahirnya Hari Musik Nasional, nah sekarang saatnya membahas mengenai maknanya, sebenarnya apa sih makna dari hari musik nasional itu sendiri?

    Hari Musik Nasional yang resmi ditetapkan pada tanggal 9 Maret digagas dengan harapan agar masyarakat Indonesia bisa lebih menghargai karya musik dalam negeri, termasuk juga warisan lagu nasional dan daerah yang merupakan bagian dari budaya Indonesia. Sekarang ini, anak muda yang menyukai lagu-lagu nasional dan daerah Indonesia sudah semakin langka, jangankan menyukai, untuk menyanyikannya saja mungkin sudah jarang ditemui.

    Ditambah lagi dengan masuknya budaya asing, seperti K-POP misalnya yang kini sangat digandrungi masyarakat kita, lagu-lagu nasional dan daerah pun kian luntur dari ingatan. Padahal lagu-lagu tersebut merupakan bagian dari budaya  dan identitas bangsa. Semestinya kita sebagai generasi muda jangan sampai melupakan identitas tersebut!

    Tentu tidak ada salahnya jika kamu mengagumi dan menyukai kebudayaan maupun lagu-lagu dari luar negeri, karena itu juga bentuk apresiasimu terhadap karya maupun budaya bangsa lain, akan tetapi jangan sampai kekaguman itu membuat kamu sampai melupakan budaya dan lagu milik bangsa. Sebagai generasi muda penerus bangsa, kamu harus memiliki rasa bangga terhadap budaya kita, salah satu cara untuk menunjukkan rasa bangga itu bisa kamu tunjukkan dengan melestarikan lagu-lagu nasional dan daerah :D

    Lalu bagaimana cara untuk melestarikan lagu nasional dan daerah Indonesia? Nah, sebenarnya ada berbagai cara mudah yang bisa kamu lakukan loh, diantaranya adalah:

    1. Ayo dinyayikan!
    Kamu bisa mulai melestarikan lagu-lagu nasional dan daerah mulai dari hal-hal kecil, seperti menyanyikannya dengan bangga. Saat kamu berkumpul dengan teman-temanmu, coba deh kamu nyanyikan lagu daerah dan nasional favoritmu sambil menantang mereka untuk ikut menyanyikannya juga atau bikin games tebak lagu daerah, jadi selain kamu bisa seru-seruan sama teman-teman kamu, kamu juga jadi bisa membuat mereka kembali mengingat lagu-lagu nasional dan daerah yang mungkin mereka lupakan.

    2. Ayo jadi kreatif!
    Nah buat kamu yang suka memainkan alat musik, bisa nih jadi kreatif dengan cara mengaransemen ulang lagu-lagu daerah dengan gaya yang lebih modern dan juga gaya khas kamu. Selain bisa menyalurkan hobi, siapa tahu kamu jadi bisa membuat teman-teman kamu lebih mencintai lagu-lagu daerah. Tapi ingat ya, yang boleh diaransemen itu hanya lagu daerah saja, kalau lagu nasional terutama Indonesia Raya tidak boleh diaransemen.

    3. Ayo tambah pengetahuan!
    Kalau mau lebih gampang, kamu bisa loh membantu melestarikan lagu-lagu nasional dan daerah dengan memperkaya pengetahuan dan informasi kamu tentang lagu nasional dan daerah di Indonesia. Caranya? Bisa dengan baca buku, browsing di internet, atau dengan membaca blog ini dan follow twitter @NaDaIndonesiaku hehehe ;)


    #NaDaIndonesiaku


  2. 0 komentar:

    Posting Komentar